Rabu Juli 30 , 2014

Kisah Rut

 

Pdt. Simon Kostoro
Minggu, 9 Juni 2013

Latar belakang kisah Rut

Kisah Rut terjadi pada jaman para hakim memerintah. Jaman para Hakim memerintah adalah jaman paling gelap dalam sejarah bangsa Israel di mana mereka hidup semaunya sendiri, tidak mau diatur dan apa yang dianggap benar itu yang dilakukan (Hak. 21:25). Inilah jaman dimana kisah Rut terjadi dan kisah Rut seperti bunga, seperti mata air di padang gersang yang memberi kesegaran.

Ada tiga Implikasi dari kisah ini

1. Rut sebagai seorang wanita telah menjadi teladan bagi para wanita.

2. Rut adalah gambaran Gereja Tuhan yang menerima kemurahan untuk menjadi umat Tuhan.
Rut adalah seorang wanita Moab. Moab adalah hasil hubungan incest antara Lot dengan anak perempuannya, sebab itu bangsa ini ditolak oleh Tuhan, sampai keturunan ke-10 tidak boleh menjadi umat Tuhan (Ul. 23:3). Tetapi Rut mendapat kemurahan. Kita gereja Tuhan (non Israel) sebenarnya juga tidak mendapat bagian dalam janii Allah tetapi karena anugerah dan kemurahan Tuhan, kita sekarang menjadi anak-anak Tuhan (Rom. 9-11). Kita seperti pokok Zaitun liar yang dicangkokkan kepada pohon Zaitun asli.

3. Rut adalah bayangan dari Mempelai Kristus.
Seperti Rut bertemu dengan Boas, gereja Tuhan juga akan menikah dengan Kristus, Boas kita. Dari sini kita belajar kriteria (persyaratan) untuk menjadi mempelai Kristus.

Sekarang mari kita ikuti kisah Rut ini pasal demi pasal.

Rut ps.1 – Rut seorang yang setia (Rut 1:14-17)
Ada beberapa hal Tentang kesetiaan yang perlu kita ketahui:
- Orang setia itu langka (Ams. 20:6). Orang baik itu tidak banyak tetapi masih ada, tetapi orang setia itu langka!
- Ukuran kesetiaan sampai akhir (1Kor. 4:1-2). Apakah kita setia? Kita tidak tahu sekarang, karena ukuran kesetiaan adalah sampai akhir.
- Orang yang setia itu kelihatannya bodoh, tetapi dihargai oleh Tuhan (Maz. 18:25)

Rut psl.  2 – Rut penuh kasih
Rut tidak pernah berkata bahwa ia mengasihi Naomi tetapi ia membuktikan kasihnya dengan tindakan yang nyata. Dan kasihnya terlihat dari sikapnya yang:

- Mau berkorban, tidak egois.
- Rajin (bandingkan dengan kriteria wanita bijak di Ams. 31)
- Tidak bersungut-sungut (Flp. 2:14-15). Kita membaca di kitab Rut bahwa tidak pernah sekalipun Rut bersungut-sungut atas apa yang ia lakukan.

Rut 3 – Rut seorang yang taat (Rut 3:5-6)
Rut seorang menantu yang taat dan hormat kepada mertuanya. Apa itu ketaatan? Ketaatan itu:

- Tidak keminter (Ams. 3:5-7)
- One command, one action
Contoh dalam 1Sam. 15, Saul diperintahkan untuk menumpas semua bangsa Amalek dan segala yang ada pada bangsa itu tetapi ia tidak mentaati semua perintah Tuhan. Ia memodifikasi perintah tersebut dengan dengan membiarkan Agag dan ternak yang bagus-bagus. Sebab ketidaktaatan Saul itu maka Allah menolak Saul.
- Ketaatan Rut akhirnya membawanya bertemu dengan Boas

Rut 4 – Rut seorang wanita yang diberkati (Ams. 13:21)
Apa yang tidak pernah Rut pikirkan, ia terima dari Tuhan yaitu ia dipertemukan dengan Boas seorang konglomerat Betlehem, dan Rut  dimasukkan dalam silsilah Yesus. Tuhan melihat segala yang dilakukan Rut dengan tulus dan Tuhan memberkati Rut dengan luar biasa.

Kesimpulan dari kisah ini: Dari “yang pahit” (Mara) muncul “yang indah” (Rut)

Naomi banyak mengalami kepahitan, hidup yang suram tetapi dari yang sulit itu muncul yang indah dan cantik, itulah Rut. Demikian juga dengan kita. mungkin saat ini kita dalam situasi yang pahit, yang sulit, tetapi kalau kita mau mengikuti teladan Rut, niscaya Tuhan akan mengubahkan situasi yang sulit, yang pahit itu menjadi sesuatu yang indah dalam kehidupan kita. Kuncinya ialah ayat berikut ini. "Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia" (Ams.3:3, 4). Amin!! (LL)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com