Jumat Oktober 31 , 2014

Pokok Anggur Yang Benar

 

Pdp. Daniel Rudianto
Sabtu, 6 April 2013

Dalam Injil Yohanes, Tuhan Yesus memperkenalkan diriNya dengan 7 gambaran  yaitu Akulah roti hidup, Akulah terang dunia, Akulah gembala yang baik, Akulah pintu, Akulah guru dan Tuhan, Akulah jalan kebenaran dan hidup, dan Akulah pokok anggur yang benar. 7 gambaran ini erat kaitannya dengan karya keselamatan Yesus dan apa yang harus kita lakukan setelah kita diselamatkan.
Kali ini kita akan merenungkan tentang Yesus sebagai pokok anggur yang benar. Yoh. 15:1-8 menulis Yesus adalah pokok dan kita (jemaat Tuhan) adalah ranting-rantingnya. Setelah naik ke kayu salib Tuhan Yesus menjadi pokok keselamatan, barangsiapa percaya kepadaNya tidak peduli bagaimana keadaannya, diselamatkan. Sama seperti ranting asalkan melekat pada pokok, ia tetap hidup.
Selain itu Tuhan ingin kita menjadi jemaat lokal di satu gereja sehingga dapat bertumbuh dan berbuah-buah. Tidak mungkin sebuah ranting bisa berbuah jika ia tidak tetap tinggal pada pokoknya. Sebentar ia pindah ke pokok yang satu sebentar ia pindah ke pokok yang lain. Ranting yang demikian tidak mungkin bertumbuh dan berbuah. Demikian pula jemaat Tuhan yang berpindah-pindah tidak mungkin bertumbuh dan berbuah.
Tuhan Yesus senang pada ranting yang berbuah banyak (ay. 2). Ada 2 macam ranting: ranting yang berbuah dan ranting yang tidak berbuah. Demikian pula ada 2 macam jemaat: jemaat yang berbuah dan jemaat yang tidak berbuah. Buah yang dimaksud bukan hanya buah dalam hal rohani saja tetapi juga buah dalam hal jasmani. Buah pertobatan yaitu perubahan perilaku, buah roh yaitu perubahan karakter dan juga buah-buah pelayanan yaitu jiwa-jiwa dan juga buah dalam hal jasmani yaitu buah kandungan, buah dalam pekerjaan dan semua yang kita lakukan dapat berbuah dan berhasil. Apa yang menyebabkan ranting tidak berbuah? Atau berbuah tetapi sedikit? Atau berbuah banyak?
Ranting yang kotor tidak akan berbuah, ranting yang sedikit kotor hanya berbuah sedikit, tetapi ranting yang bersih akan berbuah banyak. Demikian pula dengan hidup kita, semakin kotor semakin sedikit buahnya tetapi semakin bersih semakin banyak berbuah. Mari kita mengoreksi kehidupan kita, apakah masih ada pikiran yang kotor, mulut yang kotor yang suka mengatakan hal-hal yang kasar dan kotor, tontonan yang kotor, bisnis yang kotor, uang yang kotor, motivasi yang kotor dalam melayani dan sebagainya. Hal inilah yang menghalangi buah dan berkat Tuhan dalam hidup kita. Segeralah meninggalkan hal ini!
Yang dapat membersihkan hidup kita hanya firman Tuhan (ay. 3). Firman Allah memiliki 2 fungsi: menjaga hidup kita tetap bersih (Mzm. 119:9) dan membersihkan hidup kita yang telah kotor (1Pet. 1:23). Jika kita tidak setiap hari membersihkan kehidupan kita dengan Firman Tuhan maka semakin lama kotoran itu akan semakin menumpuk sehingga menghambat berkat Tuhan mengalir dalam kehidupan kita (Mzm. 1:1-3 à ayat-ayat ini mendukung kebenaran di atas). Firman Tuhan adalah satu-satunya kunci umat Tuhan berbuah dan diberkati, tetapi ironisnya hari-hari ini jarang umat Tuhan yang membaca dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Mulailah membuka Alkitab Anda dan rajin beribadah!
“Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu”. Yang dimaksud dengan tinggal di dalam Tuhan adalah kita tinggal di dalam Firman Tuhan sehingga kita dapat berbuah bukan sekedar menempel pada pokok dan hidup, bukan hanya sekedar percaya kepada Yesus. Buah anggur dalam Firman Tuhan adalah gambaran Roh Kudus, artinya jika kita tinggal dan hidup dalam Firman Tuhan maka Roh Kudus akan berbuah-buah dan memenuhi hidup kita. Mari kita mau semakin rajin dan setia dalam membaca, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan maka Tuhan Yesus akan memenuhi kita dengan Roh Kudus (Yoh.  14:15-16).
Mari menjaga hidup kita dengan Firman Tuhan, supaya hidup kita bisa berbuah-buah sebab hanya dengan inilah nama Tuhan di permuliakan (ay. 8). Karena hanya jemaat Tuhan yang berbuah banyak yang dapat memuliakan nama Tuhan.(ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com