Selasa Oktober 21 , 2014

Kepenuhan Roh Kudus

 

Pdt. Soerono - Dosen STT Satyabhakti
Minggu, 27 Mei 2012

Sebelum hari Pantekosta para murid mengalami kesulitan untuk hal-hal yang mudah, namun setelah hari pantekosta mereka mengalami kemudahan dalam menghadapi hal-hal yang sukar. Ketika murid-murid dihadapkan pada situasi yang sangat sulit, bahkan ketika mereka harus menjadi martir mereka mampu karena Roh Kudus sudah dicurahkan atas mereka. Hal yang sama juga seharusnya kita alami ketika Roh Kudus memenuhi kehidupan kita. Harus ada perubahan dalam hidup kita, ketika Roh Kudus bekerja, kita dimampukan untuk melakukan hal-hal yang sulit.
Firman Tuhan berkata “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh” (Efe. 5:18). Orang yang dipengarui oleh alkohol maka semua sistem syarafnya di pengaruhi oleh alkohol, sehingga orang itu akan kehilangan penguasaan diri. Rasul Paulus mengkontraskan mabuk oleh anggur ini dengan kepenuhan akan Roh Kudus. Jika kita penuh dengan Roh Kudus maka hidup kita akan dikuasai oleh Roh Kudus.  Apa yang memenuhi kita, maka itulah yang akan keluar dari hidup kita.

Beberapa contoh dalam Alkitab tentang apa yang memenuhi kita akan keluar dari hidup kita:
1. Ketika seseorang dipenuhi oleh amarah maka yang keluar dari hidupnya pun amarah (Luk. 4:21-22, 28-29).
2. Hati Ananias dan Safira dipenuhi oleh iblis sehingga mendustai Roh Kudus, sehingga akibatnya mereka mati (Kis. 5:3).
3. Hati orang-orang Yahudi dipenuhi dengan iri hati sehingga mereka menghujat rasul Paulus (Kis. 13:45).

Siapakah yang mengontrol hati kita, jika kita dikontrol oleh amarah maka perbuatan kita pun mencermikan amarah. Namun jika kita dipenuhi oleh Roh Kudus maka hidup kita pun dipenuhi hal-hal yang sesuai firman. Dan ketika Roh Kudus memenuhi hidup kita, maka kita dimampukan untuk melakukan dan melewati hal-hal yang sulit sekalipun.
Firman Tuhan berkata hendaklah kamu penuh dengan Roh, kata kamu di sini berarti semua orang tanpa terkecuali. Roh Kudus akan dicurahkan bagi setiap orang yang rindu dan ingin dipenuhi oleh Roh Kudus.

Syarat untuk kita di penuhi Roh Kudus:

1. Emptiness / kekosongan
Kita harus mengosongkan diri kita supaya Roh Kudus dapat memenuhi kita. Sering kali kita berjalan menurut pikiran kita sendiri, dipenuhi dengan kesombongan dan dosa sehingga Roh Kudus tidak mendapat tempat di hati kita.

2. Openness / keterbukaan
Ketika kita sudah mengosongkan diri dan membuka diri kita, maka Roh Kudus dapat masuk dalam hidup kita dan memenuhi hidup kita.

Marilah kita mengosongkan diri kita dari hal-hal yang tidak berkenan dan membuka diri bagi Roh Kudus sehingga Roh Kudus dapat masuk dan memenuhi hidup kita, ketika Roh Kudus memenuhi hidup kita maka Roh Kudus akan memampukan kita untuk melakukan hal-hal yang besar dan melewati situasi yang sulit. (ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com