Sabtu Desember 20 , 2014

Bertahan Sampai Akhir

Pdt. Simon Kostoro
Sabtu, 22 Oktober 2011

Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Matius 24:13

Tuhan ingin supaya kita bertahan sampai akhir, hanya orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat, perkataan ini diucapkan oleh Tuhan Yesus pada saat Ia berbicara tentang akhir jaman.
Kita hidup di jaman akhir, di mana tanda-tanda jaman itu digenapi karena itu kita harus bertahan sampai pada akhirnya.
Ada 3 hal yang akan kita lihat lebih dalam, yakni “bertahan,” “akhir” dan “selamat.”

I. Bertahan
Dalam bahasa Grika Hupomeno artinya to stay under, artinya kita tetap tinggal di posisi bawah. Posisi bawah berbicara tantang posisi yang tidak enak dan tidak nyaman, saat kita berada dalam posisi demikian baru bisa dikatakan kita bertahan.

Ada beberapa pengertian dari kata bertahan:
1. Berdiri teguh dan tidak bergeser dari posisi (Kol. 1:23).
Paulus mengingatkan sidang jemaat Kolose untuk harus berdiri teguh dan tidak bergeser sebab segala sesuatu akan digoncangkan baik itu perekonomian, keamanan dan sebagainya bahkan imanpun akan digoncang, karena itu kita harus teguh dan berakar dalam Firman Tuhan yang murni supaya kita tidak diombang-ambingkan.

2. Tidak undur
Di akhir jaman akan ada banyak yang undur, tapi kita harus tetap bertahan sebab Tuhan tidak berkenan pada orang-orang yang undur (Ibr. 10:37-39). Paulus berkata sesaatpun (sedikitpun) ia tidak mau mundur supaya sidang jemaat diberkati (Gal. 2:5). Apapun yang anda alami jangan sampai mundur tinggalkan Tuhan, terutama bagi para pelayan, jangan sampai undur dari pelayanan.

3. Tetap setia
Allah mencari orang-orang yang setia, sebab Allah adalah Allah yang setia (Ams. 20:6). Dan kesetiaan bukan diukur dari besar kecilnya pelayanan namun dari persistensi (terus menerus) kita. Kita mau tetap setia melayani, sekecil apa pun itu sebab yang setia dalam perkara-perkara yang kecil akan Tuhan percayakan hal-hal yang besar (Luk. 16:10).

Dalam hal apa saja kita harus bertahan?
1. Mempertahankan iman (Yud. 1:3)
2. Bertahan melawan tipu muslihat iblis (Ep. 6:11)
3. Bertahan dalam perjuangan dan penderitaan yang berat (Ibr. 10:32). Apabila saat ini kita sedang menghadapi masalah yang berat ingatlah bahwa kita tidak sendiri, Tuhan selalu ada bersama kita.
4. Bertahan dalam pencobaan, sebab orang yang bertahan dalam pencobaan adalah orang yang berbahagia (Yak. 1:2).

II. Bertahan sampai “Akhir”
Kata “akhir”  atau “telos” (Grika) artinya final, ending, complete. Dan yang dimaksud dengan “akhir” di sini ialah:

1. Sampai hari kedatangan Tuhan
Ukuran dari bertahan ialah sampai hari kedatangan Tuhan dan kedatangan Tuhan sudah dekat, sudah di ambang pintu (Yak. 5:7).

2. Sampai akhir hayat kita
Jika kita tidak diijinkan hidup sampai waktu kedatangan Tuhan, maka kita harus bertahan sampai akhir hayat kita, seperti rasul Paulus (2Tim. 4:6-7).

3. Sampai garis finish/sampai kita menyelesaikan tugas kita.
Paulus mengingatkan Timotius yang masih muda, untuk menunaikan tugas pelayanan sampai selesai (2Tim. 4:5; 2Kor. 8:11). Demikian juga dengan kita, Tuhan ingin kita bertahan dan menyelesaikan apa yang menjadi tugas kita (Kis. 14:26).

III. Akan “Selamat”
Kata selamat dalam bahasa aslinya “sozo” (Grika) memiliki banyak pengertian yaitu safe from danger (selamat dari bahaya), healed (disembuhkan), protected (dilindungi), delivered (dilepaskan), well being (baik-baik), dan whole (sempurna).
Jadi  orang yang bertahan sampai akhir akan selamat memiliki arti :
1. Mendapat keselamatan yang kekal
Yesus berkata tentang kehidupan yang kekal “barang siapa yang bertahan sampai pada akhirnya akan selamat,” artinya akan akan masuk kerajaan surga dan mendapat kehidupan yang kekal.

2. Menerima upah
Tuhan bukan hanya menjanjikan kita masuk surga tetapi Tuhan juga menjanjikan kemuliaan, ada mahkota yang disediakan bagi kita (2Tim. 4:8)

3. Sejahtera lahir batin
Tetapi bukan hanya di sorga, di bumipun kita juga akan diberkati (Mat 19:29).

Tuhan menyediakan upah yang besar bagi mereka yang bertahan sampai akhir itulah sebabnya kita mau minta kekuatan pada Tuhan supaya kita bisa terus bertahan sampai pada akhirnya. Tetap setia dalam melayani Tuhan sampai pada akhirnya.
Tuhan datang segera, karena itu kita mau tetap bertahan memegang apa yang ada pada kita supaya mahkota itu tetap menjadi bagian kita (Why.3:11). Amen! (ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com