Rabu September 03 , 2014

Semangat Melayani Tuhan

Pdt. Samuel Djianto - Sumenep, Madura
Minggu, 14 Agustus 2011

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. Roma 12:11

Menjadi orang Kristen merupakan suatu perjalanan yang panjang dan perjalanan itu harus kita lalui setiap hari bersama Tuhan. Dalam perjalanan tersebut, ada naik turun, panas dingin dan sebagainya. Jika kita mau bertumbuh, kita harus melayani.

Dismas dan Gesmas adalah 2 orang penjahat yang disalib di sebelah Yesus, yang 1 masuk surga tapi tanpa pahala karena dia belum melayani. Kita masuk ke gereja ukan untuk mencari selamat karena kita yang sudah jatuh dalam dosa telah diselamatkan oleh Yesus. Kita ke gereja dan setia beribadah untuk mempertahankan keselamatan dan memperbanyak pahala. Kita mengerjakan apa yang bisa kita kerjakan untuk Tuhan, kita melayani Tuhan.
Semangat sangat penting untuk meraih sukses di dalam segala hal (bisnis, kuliah, pelayanan), tetapi bukan hanya modal semangat saja. Kita sangat membutuhkan semangat yang dari Tuhan. Seperti yang dialami Zerubabel dan kawan-kawan di dalam membangun Rumah Tuhan yang sudah hancur (Hag. 1:14, Hag. 2:5-6).Secara manusia sudah tidak mungkin, tetapi Tuhan memberi semangat. Dalam membangun apa saja, baik bisnis, masa depan, kuliah, bekerja, terutama melayani di gereja, kita harus memiliki semangat yang dari Tuhan.
Dalam 2Kor. 4:1-11 inilah semangat yang dimiliki Paulus. Dia ditindas, dianiaya, difitnah tetapi bertahan dan tetap eksis. Tidak heran kitab Roma hingga Ibrani ditulis oleh Paulus karena semangat yang dimilikinya.  

Arti Semangat

* Kata “semangat” bahasa Yunani “antusiasmos” artinya semangat di dalam Tuhan (Hag. 1:14, 2:5-6).
* Antusias = bergairah, menaruh minat besar, gelora hati.
* Bahasa Indonesia “semangat” = kemauan yang kuat untuk terus bekerja, berjuang. Siapa yang bersemangat dalam perkara kecil akan dipercaya untuk perkara besar.
* Dalam Rom. 12:11 roh = hati (hati berisi: hati nurani, intuisi, fellowship) jika kita menyembah Tuhan, kita bisa mendengar suara Tuhan, hati nurani makin jernih dan kita bisa bersekutu dengan Tuhan. Semangat harus berasal dari dalam hati, bukan semangat karbitan, iming-iming. Semangat dari dalam hati itu yang asli, tulus ikhlas (Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kol. 3:23)

Mengapa semangat penting
* dapat memberi kekuatan untuk bertahan dan berjuang/bergairah
* memberi ide-ide baru, ada inovasi, memberi pengharapan
* memperluas visi
* menjadikan segala sesuatu selalu ada jalan

Lawan semangat = Patah semangat

Apa yang membuat orang patah semangat?
* Sikap apatis = tidak peduli, masa bodoh (Rom. 14:23). Dosa menjadikan kita patah semangat.
* Serangan/pekerjaan iblis untuk melumpuhkan iman kita dengan cara mengalihkan perhatian kepada kesenangan-kesenangan sesaat/sementara, memandang kepada manusia dan materi. Obsesi kita untuk Tuhan dan pekerjaanNya dialihkan kepada hal-hal jasmani, materi sehingga lupa dengan perjanjian yang disiapkan Tuhan bagi kita.
* Egois, mencintai diri sendiri, memanjakan diri sendiri, mengasihani diri sendiri.

Agar tetap semangat
1. Mengenal Allah dengan benar. Contoh Yosua dan Kaleb sekembalinya dari tugas mengintai, mereka makin bersemangat dan bertambah yakin kepada janji Allah bahwa mereka akan merebut tanah perjanjian itu. Allah yang berjanji itu setia (janji = pistos - bahasa Yunani, artinya dapat dipercaya), ketika Ia berjanji pasti digenapi. Jika kita mengenal siapa Allah yang kita layani, Ia tidak pernah salah dan tidak pernah lupa, kita akan makin bersemangat.
2. Hanya memandang kepada Yesus yang sudah menyelesaikan tugasNya menyelamakan kita di kayu salib.
3. Memandang kepada kekekalan (Kol. 3:1-2). Paulus tidak tawar hati sebab ia memandang kepada kemuliaan yang akan datang (2Kor. 4:1, 11).  (LL)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com