Minggu November 23 , 2014

Keajaiban Salib Kristus

Pdt. Simon Kostoro
Jumat, 22 April 2011    

Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan. 1 Korintus 2:2
Paulus dalam ayat ini memutuskan dalam melayani Tuhan, hanya mau memberitakan satu hal yaitu salib Yesus. Mengapa salib? Karena salib adalah segala-galanya dalam rencana Allah. Segala nubuat Perjanjian Lama menunjuk kepada salib. Salib mengandung kuasa yang besar. Namun di satu sisi kita melihat bahwa di salib terjadi hal-hal yang kelihatannya sepertinya bertentangan namun sekaligus bertemu di atas kayu salib Golgota. Hal-hal yang bagaimana itu?


1. Di Salib terjadi Keadilan dan Ketidak adilan


Keadilan apa yang terjadi? Keadilan Alah. Keadilan Allah menuntut bahwa dosa harus dihukum. Allah adalah kasih tetapi sekaligus juga adil. Keadilan menuntut penghukuman atas dosa. Manusia sudah jatuh dalam dosa, seharusnya manusia yang harus dihukum. Namun karena begitu besar kasih Allah kepada manusia (Yoh. 3:16) maka Yesuslah yang dihukum menggantikan kita manusia. Dia yang tidak berdosa dijadikan dosa. Inilah ketidak adilan itu! Yang benar, yang suci, yang kudus dihukum sedangkan yang bersalah, yang berdosa dilepaskan. Yesus mengalami ketidak adilan untuk memuaskan keadilan Allah.
Di dalam Im. 16, pada hari raya perdamaian, hari raya yang terbesar bagi orang Israel, Imam besar masuk ke Ruang Maha Kudus untuk menghapus dosa seluruh umat Israel. Semua orang harus berpuasa dan menguduskan diri supaya tidak dilenyapkan.
Pada hari itu ada korban kembar yaitu 2 ekor kambing yang akan diundi. Satu disembelih, yang satu ditumpangi tangan lalu dilepaskan di padang gurun. Kambing yang dilepas (azazel/scapegoat) dijadikan kambing hitam, yang mengangkut dosa semua orang Israel dan diusir ke padang gurun. Itulah bayangan Yesus yang dijadikan kambing hitam mengangkut dosa umat manusia. Sebab itu jangan main-main dengan dosa, jangan hidup dalam dosa. Tinggalkan dan perbarui hidupmu! Salib melenyapkan dosa-dosa kita!

2. Di Salib terjadi Penghancuran dan Pemulihan

Apa yang dihancurkan? Tubuh Yesus. Di atas kayu salib Yesus mengalami siksaan yang luar biasa. Begitu hebatnya siksaan yang Ia alami sehingga Yesus hanya bertahan 6 jam saja. Allah Bapa memang berniat untuk meremukkan Dia dengan penderitaan agar oleh bilur-bilurNya kita disembuhkan (Yes. 53:5, 10). Tetapi bukan hanya luka-luka jasmani kita tetapi juga luka-luka batin kita. Salib melenyapkan sakit penyakit kita!

3. Di Salib terjadi Perpisahan & Penyatuan

Di atas kayu salib Yesus menanggung penderitaan seorang diri. Hanya ibuNya, Maria, dan Yohanes yang mengikutiNya sedangkan murid-murid yang lain, orang-orang yang dikasihiNya dan diharapkan bisa menghiburNya, semua lari menyelamatkan diri.
Tetapi yang lebih parah lagi, Yesus ditinggalkan oleh BapaNya ("Eloi, Eloi, lama sabakhtani?",  yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Mrk. 15:34).
Yesus mengalami perpisahan dengan BapaNya untuk menyatukan dan mendamaikan kita dengan Allah. Yesus dijadikan musuh Allah supaya kita yang masih musuh diperdamaikan dengan Allah (Rom. 5:10). Yesus dipisahkan supaya kita bisa diterima sebagai anak oleh Allah. Salib juga mempersatukan kita dengan sesama (Ef. 2:13-16). Sebab itu mari kita saling mengampuni agar kita bisa alami sukacita! Salib melenyapkan perseteruan!
Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukank ah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu? Gal. 3:1.
Biarlah di Paskah ini Salib Kristus juga terlukis dengan jelas di mata kita. Bukan dengan mata jasmani tetapi dengan mata rohani. Dan kita bisa melihat dengan jelas apa makna yang terkandung dalam pengorbanan Yesus itu.
Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Gal. 6:14. (LL)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com