Selasa September 30 , 2014

Menghadapi Anak Jaman Sekarang - Tuntunan Praktis Buat Orang Tua (2)

3. Berikan pengertian dan tanamkan selalu nilai-nilai yang baik terhadap segala sesuatu. Contoh, ketika mereka menonton acara TV, dampingi, dan berikan informasi atau pengertian agar mereka tahu membedakan, mana yang buruk dan mana yang baik. Atau ajak mereka untuk terlibat dalam kegiatan sosial seperti memberi makan kepada anak-anak jalanan. 4. Berikan kasih yang mendalam di hati dan pikiran mereka. Jangan membeda-bedakan, jangan pilih kasih, tapi terimalah mereka apa adanya.
5. Berikan mereka kebebasan sekaligus ajari mereka tanggung jawab yang benar. Contoh: berikan batasan waktu kapan mereka boleh bermain, dan kapan harus belajar untuk besok.
6. Coba untuk menyelami dan memahami posisi mereka, cara berpikir mereka,  dan juga siap menerima alasan-alasan mereka. Ini bisa didapatkan dengan menjadikan teman mereka, teman kita. Atau dengan membaca banyak buku tentang psikologi anak. Atau berkomunikasi/bekerja sama dengan guru mereka di sekolah.
7. Mintalah hikmat Tuhan dalam menghadapi masing-masing pribadi anak yang berbeda-beda.

Berdoa dan beriman bahwa apa yang telah kita kerjakan akan mendatangkan kesuksesan dalam memenuhi tanggung jawab kita sebagai orang tua.  

Sumber: cicilia liem/hmministry (AK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com