Selasa Oktober 21 , 2014

Jangan Kuatir Akan hari Esok

Pdt. Simon Kostoro
Jumat, 31 Desember 2010

Mat 6:25-34

Seringkali kita ditimpa kekuatiran, namun Tuhan tidak mau kita hidup dalam kekuatiran, sebab itu jangan kuatir.

Apa itu kekuatiran?
* takut, gelisah, cemas terhadap sesuatu hal yang belum pasti, bayangan yang jelek/negatif
* hidup hari ini dengan kesusahan hari besok.
* bentuk penyiksaan diri dengan pikiran-pikiran yang merisaukan

3 Hal Tentang Kekuatiran:
1. Kekuatiran sama sekali tidak berguna
    Tuhan Yesus berkata kekuatiran tidak bisa menambah umur sehasta saja. Kekuatiran tidak berguna dan tidak bisa menolong, malah seringkali merugikan kita. Karena kuatir jadi tidak bisa makan, kurang tidur, stress dan semua sakit penyakit muncul. Pertolongan Tuhan datang tepat pada waktunya, kita percaya saja, Tuhan pasti menolong dan tidak pernah mengecewakan kita.

2. Kekuatiran itu salah satu bentuk serangan iblis kepada pikiran kita
    Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya 1Pet. 5:7-8. Iblis tidak dapat menguasai roh kita, tetapi dia dapat menyerang pikiran kita salah satunya dengan kekuatiran. Kekuatiran membuat iman kita lemah, dan mungkin akhirnya kita bisa melakukan perkara-perkara yang di luar kehendak Tuhan. Contoh: Abraham dan Sara yang kuatir karena semakin tua, sedangkan janji Tuhan belum juga datang, sehingga muncullah Ismael. Iblis tahu kalau pikiran kita positif dan sepakat dengan roh kita, maka ada sesuatu terjadi, maka dia berusaha mengacaukan kita. Sebab itu kalau kekuatiran datang, usir dalam nama Yesus.

3. Kekuatiran membuat kita tidak berdaya
    Ams. 12:25 katakan, rasa kuatir mematahkan semangat (BIS). Kekuatiran membuat kita tidak punya kekuatan menghadapi hari esok. Ingat sepanjang tahun 2011, jangan kuatir karena hari esok ada di tangan Tuhan. Jalani hidup bersama Tuhan, pertolongan Tuhan pasti datang tepat pada waktunya
Cara mengatasi kekuatiran:
1. Serahkan kekuatiranmu dalam doa (Fil. 4:6-7)
    Hati saja tidak cukup, pikiran kita harus positif dan salah satunya jangan kuatir. Sebab itu apa pun kekuatiran yang ada padamu, nyatakanlah semuanya kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur, maka damai sejahtera yang melampaui akal akan memenuhi hati dan pikiran kita.

2. Pakai Pedang Roh yaitu Firman Tuhan
    Semua kita punya pedang roh, tapi tidak pernah dipakai. Kapan pedang itu kita pakai? Saat kita mengucapkan Firman dengan iman percaya. Yesus menang waktu melawan iblis dengan mengucapkan Firman. Ucapkan Firman, maka semua akan jadi sesuai dengan iman kita. Biasakan untuk tidak mengucapkan yang negatif, namun ucapkan Firman Tuhan. Firman yang dikeluarkan lewat mulut kita akan menolong membangkitkan iman, dan kita akan kuat menghadapi segala sesuatu.

3. Belajar hidup “one day at a time”
    Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari Mat. 6:34.
    Ayat ini bukan berarti kita tidak boleh mempersiapkan hari esok, tetapi maksudnya jangan risau tentang hari esok. Seringkali kita kuatir akan hari esok tetapi hari ini tidak melakukan apa-apa, akhirnya kita tidak siap. Tidak perlu menguatirkan hari esok, tapi hiduplah setiap hari dengan baik, gunakan waktu yang ada dengan baik. Hari esok punya kesusahan sendiri, tapi esok juga punya anugrah tersendiri karena rahmat Tuhan selalu baru setiap hari.
   
4. Utamakan Kerajaan Allah dan Kebenarannya (Mat. 6:33)
    Inilah kunci berkat! Ayat ini bukan hanya berbicara tentang pelayanan, itu hanya sebagian kecil, yang penting bagaimana hidup kita, apakah sudah sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan  atau tidak. Kalau kita hidup benar, jangan kuatir tentang hari esok, karena hari esok ada di tangan Tuhan. 

    Sebentar lagi kita akan  masuk tahun baru, ayo benahi hidup kita, tinggalkan segala yang tidak berkenan kepada Tuhan. Masuk tahun yang baru bersama Tuhan, Tuhan pasti menolong dari awal tahun sampai akhir tahun dan sampai selama-lamanya. Akhir kata,  "Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran…" 1Kor. 7:32 (LL)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com