Jumat Desember 19 , 2014

Takut Akan Tuhan

Pdt. Simon Kostoro

Sabtu, 4 Desember 2010

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Matius 10:28

      Takut akan Tuhan adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia, terlebih oleh anak Tuhan. Tetapi faktanya, banyak orang percaya yang tidak takut kepada Tuhan, mereka lebih takut kepada manusia daripada kepada Tuhan. Kita harus lebih takut kepada Tuhan daripada kepada manusia, sebab Dialah yang berkuasa membinasakan tubuh dan jiwa ke dalam neraka. Tuhan memang maha pemurah, panjang sabar dan penuh belas kasihan, tetapi jika Tuhan sudah marah, sangat mengerikan (Ibr. 12:29, 10:31). Sebab itu Paulus berkata, kita harus memperhatikan kemurahanNya, tetapi juga kekerasanNya (Rom. 11:22). Sebab itu, biarlah kita memiliki hati yang takut akan Tuhan.

APA ITU TAKUT AKAN TUHAN?
      Takut akan Tuhan artinya kita mempunyai rasa hormat, rasa segan dan rasa gentar kepada Tuhan. Dalam bahasa Ibrani dipakai kata “Yare,” yang artinya dahsyat, mengerikan. Orang-orang Perjanjian Lama mengenal Allah sebagai Allah yang “Yare,” Allah yang dahsyat itulah sebabnya mereka tidak berani melanggar perintah Tuhan.

MENGAPA PERLU TAKUT KEPADA TUHAN?
      Ada suatu prinsip, bahwa manusia cenderung menyembah apa yang ia takuti, kita tidak akan menyembah apa yang tidak kita takuti. Itulah sebabnya, agar kita bisa menjalin hubungan yang sehat dengan Tuhan, kita perlu memiliki hati yang takut kepada Allah. Allah adalah Allah yang dekat dengan kita, Ia mau bergaul erat dengan umatNya. Namun ingat, Allah adalah Allah, Ia bukan manusia, dalam hubungan dengan Tuhan kita harus tetap menaruh hormat yang setinggi-tingginya kepadaNya! Mzm. 25:14

CIRI-CIRI TAKUT AKAN TUHAN

1. BERJALAN DALAM KEJUJURAN (Ams. 14:2)
      Orang yang takut akan Tuhan akan berjalan dalam kejujuran. Sebab itu pegang kejujuran, jangan berjalan dalam kebohongan/dusta. Dusta itu kepunyaan iblis. Iblis adalah bapak pendusta, di dalam dia tidak ada kebenaran (Yoh. 8:44). Ananias dan Safira mati karena mereka berdusta (Kis. 5).

2. MEMBERI APA YANG MENJADI HAK ORANG LAIN (Rom. 13:17, Mar. 10:19)
      Takut akan Tuhan juga ditunjukkan dari cara kita berhubungan dengan sesama. Di dalam hubungan antar manusia ada yang namanya hak dan kewajiban, sebagai contoh hubungan antara tuan dan hamba. Apa yang menjadi hak orang lain harus kita berikan, berlakulah bijaksana, jangan merampas hak orang lain (Kol. 3:18, 22-25; Kol. 4:1). Demikian juga dalam hubungan rumah tangga, apa yang menjadi hak suami, apa yang menjadi hak istri, harus kita berikan. Nabal, seorang yang kaya namun bebal, ia tidak mengerti hak orang lain, akhirnya ia mati dalam kesalahannya (1Sam. 25).

3. MENJAUHI YANG JAHAT (Ayb. 28:28, Ams. 16:6)
      Bukan hanya menjauhi, tapi juga harus membenci kejahatan (Ams. 8:13). Yusuf adalah satu contoh yang sangat tipikal. Ia mempunyai kesempatan untuk berbuat jahat, berzinah dengan istri tuannya. Namun Yusuf tidak melakukannya, karena Yusuf mempunyai “surplus” rasa takut akan Tuhan (Kej. 39). Itulah sebabnya Tuhan mengangkat Yusuf dengan luar biasa.

APA UPAH/GANJARAN TAKUT AKAN TUHAN?
1. Kekayaan, kehormatan dan kehidupan (Ams. 22:4)
2. Rumah tangga diberkati, ada damai sejahtera, dan anak-anak berbahagia (Mzm. 128)
3. Dicintai oleh Tuhan, bahkan sampai ke anak cucu (Mzm. 25:12-14)

BAGAIMANA TAKUT AKAN TUHAN? Ul. 17:19;  Ams. 2:4, 5
      Dari dua ayat ini kita bisa simpulkan bahwa takut akan Tuhan itu tidak otomatis, melainkan harus melalui proses belajar dan diajar. Itulah sebabnya, betapa pentingnya pengenalan akan Tuhan diajarkan kepada anak-anak sejak dini.

      Dan terakhir saudara-saudara, tetap kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar (Fil. 2:12). Milikilah hati yang takut akan Tuhan, karena itu merupakan harta kita, maka kehidupan kita pasti diberkati sampai kepada anak cucu kita. (S)

 

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com