Jumat April 25 , 2014

Menemukan Harta Terpendam

Pd. Eny Setyabudi - Kaliurang

Sabtu, 27 November 2010

 

“Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Matius 13:44

              Kerajaan surga diumpamakan seperti harta yang terpendam, di mana tidak semua orang tahu keberadaannya. Barangsiapa dapat menemukan harta terpendam tersebut, ia akan menjadi kaya raya. Tetapi saat ini, harta terpendam tersebut sudah bukan rahasia lagi, Tuhan sudah menunjukkan di mana harta terpendam tersebut berada. Jika harta di dunia ini bisa dicuri, berkarat, hancur dan lenyap dalam sekejap, tetapi harta terpendam bersifat kekal untuk selama-lamanya. Dan harta terpendam tersebut sudah diberikan kepada kita sebagai orang percaya. APA HARTA TERPENDAM ITU?

 

1. IMAN YANG TERUJI (1Petrus 1:7)

            Harta terpendam pertama yang harus kita miliki adalam iman yang teruji. Setiap orang percaya pasti punya iman, tetapi apakah iman kita sudah teruji? Iman yang teruji itu nilainya lebih tinggi dari emas yang ada di dunia ini.

            Contoh-contoh Iman yang sudah teruji:

AYUB: Ketika Ayub dicobai, ia katakan “aku akan keluar seperti emas”. Ayub menerima semua yang diijinkan Tuhan terjadi dalam hidupnya, sehingga pada akhirnya kehidupan Ayub dipulihkan.

ABRAHAM: Abraham dijanjikan untuk memiliki seorang anak, begitu lama Abraham menunggu. Tetapi setelah anak tersebut lahir, Tuhan minta agar anak tersebut dipersembahkan. Abraham taat, dia tidak tawar-menawar dengan Tuhan. Dengan iman Abraham mempersembahkan anak tersebut.

YUSUF: Meski melewati proses yang sangat panjang, Yusuf tidak pernah menolak setiap apa yang diijinkan Tuhan, dan tidak ada keluhan dalam hidupnya. Bahkan ketika sudah menjadi orang nomor dua di Mesir, Yusuf tidak membalas dendam terhadap saudara-saudaranya.

DAUD: Berkali-kali Daud dikejar-kejar oleh Saul yang akan membunuhnya. Tetapi Daud tidak pernah sakit hati dan ingin membalas dendam, meski Daud punya kesempatan untuk membunuh Saul. Bahkan saat Saul mati, dia tidak langsung naik tahta, dia tidak memilih jalannya sendiri, tetapi lebih memilih jalannya Tuhan.

 

2. HIKMAT (Amsal 3:13-18)

            Harta yang tidak ternilai harganya ketika kita mencari hikmat, dan kita mendapatkannya, sebab nilainya melebihi emas, keuntungannya melebihi perak, serta bersifat kekal. Sebab itu hikmat harus kita kejar, karena harta ini menyebabkan kita berbahagia. Ratu Sheba mendatangi Salomo karena ini mendengar dan melihat hikmat Salomo. Ketika kita menemukan harta tersebut, yaitu hikmat, itu seperti kita menemukan harta yang tidak ternilai harganya, melebihi permata apapun, tidak ada yang menyamainya, umur panjang, kekayaan dan kemuliaan akan diberikan kepada kita hidup kita akan diangkat Tuhan dalam kemuliaan, jalan kita penuh dengan kebahagiaan, di mana saja kita berada, kita akan dinaungi damai sejahtera dan sukacita. Meskipun berbagai bencana datang, Tuhan akan selalu menolong dan melindungi kita. Sebab itu, kejar hikmat tersebut, supaya kita berbahagia.

 

3. FIRMAN ALLAH (Mazmur 119:72)

            Harta terpendam yang juga harus kita miliki adalah Firman Allah. Jika kita renungkan, Firman Allah itu begitu luar biasa, karena Firman Allah nilainya melebihi ribuan keping emas dan perak. Jika kita memegang Firman Allah, berarti kita memegang ribuan keping emas dan perak, betapa berharganya Firman Allah tersebut.  Sebab itu, jangan tolak dan jangan bantah Firman Allah! Firman Allah itu benar, Firman Allah adalah harta yang tidak bisa dicuri, karatan dan hilang, dan itu merupakan kekayaan surgawi yang kekal untuk selama-lamanya.

 

            Harta terpendam sudah dibukakan bagi kita, sebab itu kita harus kejar dan gali dengan suatu usaha, tenaga dan kemampuan. Mari, kita harus dapatkan iman yang teruji, kita temukan hikmat, dan kita kejar kebenaran Firman Allah, karena harta terpendam tersebut akan membuat kita kaya di dalam Tuhan. (S)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com