Jumat November 21 , 2014

Siap Sedia Melakukan Kehendak Tuhan

Pdt. Siane Tjong

Minggu, 21 November 2010


Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya: Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah,tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. 2Timotius 4:1-2

   Tuhan begitu baik dalam kehidupan kita, kasihNya dalam kehidupan kita tidak pernah berkesudahan. Kalau kita sudah mengalami kebaikan Tuhan, kita ditantang, “sudah siap sediakah melakukan kehendak Tuhan?” Jawaban ada pada diri kita sendiri. Apa kehendak Tuhan dalam hidup kita sebagai orang percaya? Beritakanlah Firman, baik maupun tidak baik waktunya (2Tim. 4:1-2).

      Memberitakan Firman bukan hanya melalui khotbah, tetapi bisa melalui kehidupan kita sehari-hari. Apakah kehidupan kita sudah benar-benar sesuai dengan Firman Allah? Apa gunanya kita berkhotbah dengan memberikan nasehat kepada orang lain, tetapi hidup kita tidak menjadi saksi bagi orang lain (menyangkut sifat, tingkah, perbuatan dan kelakuan kita). Menjalani kehidupan ini tidaklah gampang, masalah demi masalah datang silih berganti, hal ini yang membuat hidup orang percaya gagal. Tetapi Firman Allah katakan, beritakan Firman, baik maupun tidak baik waktunya, terus berjuang dan jangan menyerah, sebab itu harus ada komitmen dalam hidup kita, “saya harus menang,” menang bukan oleh kekuatan sendiri, tetapi menang oleh kekuatan Rohul Kudus.

Apa yang harus kita lakukan untuk memberitakan Firman Allah? Ada 4 hal. (2Tim. 4:5)

1. KUASAILAH DIRIMU DALAM SEGALA HAL

      Menguasai diri tidaklah gampang, baik itu mengusai diri dari rasa takut, marah, jengkel, sakit hati maupun rasa dendam. Sebab itu kita harus belajar kepada pe-Mazmur, “waktu aku takut, aku percaya ini percaya kepada-Mu.” Takut adalah perasaan kita, jiwa kita, saat jiwa kita terganggu, maka hal itu akan merembet ke tubuh, tetapi roh yang di dalam kita tidaklah goyah, dan tetap percaya, bahwa Tuhan adalah penolong. Tetapi hal ini tidak mudah jika kita tidak pernah melatih diri. Tetapi jika kita sering melatih diri, maka di saat kita akan marah, hal itu tidak akan sampai terjadi, sebab roh kita yang akan menguasai. Sebab itu, kuasailah dirimu!

2. SABARLAH MENDERITA

      Mengiring Tuhan, setia ke gereja bukan jaminan bagi kita untuk tidak mengalami penderitaan, sebab dunia ini adalah tempatnya penderitaan. Tetapi sebagai orang percaya kita punya Tuhan, sehingga meski di dalam penderitaan, selalu ada sukacita dan damai sejahtera (Yoh. 16:33). Sebab itu, sabarlah dalam penderitaan, jangan pernah menyerah, jika kita mengalami penderitaan, berarti Tuhan percaya bahwa kita mampu mengatasinya. Jika Tuhan Yesus sudah mengalahkan dunia, maka kita sebagai anakNya juga akan menang dalam segala perkara.

3. LAKUKAN PEKERJAAN PEMBERITAAN INJIL

      Jangan hanya pandai berbicara tentang Firman Allah, tetapi kehidupan kita sehari-hari harus berpadanan dengan Firman Allah (Efe. 4:1-2). Jika kita ingin memberitakan Firman Allah, kehidupan kita harus berubah, yang sesuai dengan Firman Allah. Meskipun hal tersebut tidak gampang, tetapi kita harus berusaha dan terus berjuang.

4. TUNAIKAN TUGAS PELAYANANMU

      Pelayanan apa yang sekarang menjadi tanggung jawab kita, lakukanlah itu, sampai ada bukti bahwa kita benar-benar telah melakukan tugas pelayanan kita kepada Tuhan. Seperti Tuhan Yesus, Dia disalibkan, dianiaya dan mengalami penderitaan, tetapi Dia telah menyelesaikan tugasNya dengan baik. Begitu juga dengan Paulus, Paulus terus berjuang dalam pelayanan dan tidak pernah putus asa, hingga sampai menyelesaikan tugasnya (2Tim. 4:6-8).

      Dunia makin hari tidak makin bertambah baik, kesusahan, penderitaan dan beban akan selalu datang. Sebab itu, tetaplah berjuang, berjuang dengan hal-hal yang benar di hadapan Allah, apa pun yang terjadi, jangan pernah menyerah, maka Tuhan akan memberikan pertolongan kepada kita. Dan jika Tuhan sudah menyatakan pertolonganNya, maka kita akan siap untuk melakukan kehendak Tuhan. (S)

 

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com