Sabtu April 19 , 2014

Pengharapan

Pdt. Simon Kostoro

Minggu, 1 Agustus 2010


Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Roma 12:12  
      
    Pengharapan sangat penting di dalam kehidupan setiap orang. Dengan pengharapan, manusia dapat mempunyai semangat hidup. Sebab itu, apa pun yang terjadi jangan sampai kita kehilangan pengharapan. Apa itu PENGHARAPAN? Pengharapan adalah antisipasi atau penantian yang penuh bahagia akan sesuatu yang baik/lebih baik di masa yang akan datang. Sebagai orang yang beriman Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Roma 12:12

  
    Pengharapan sangat penting di dalam kehidupan setiap orang. Dengan pengharapan, manusia dapat mempunyai semangat hidup. Sebab itu, apa pun yang terjadi jangan sampai kita kehilangan pengharapan. Apa itu PENGHARAPAN? Pengharapan adalah antisipasi atau penantian yang penuh bahagia akan sesuatu yang baik/lebih baik di masa yang akan datang. Sebagai orang yang beriman kita adalah orang-orang yang memiliki pengharapan. Untuk itu ada tiga hal yang perlu kita ketahui.

ADA TIGA HAL TENTANG PENGHARAPAN

1. ALLAH SUMBER PENGHARAPAN
    Allah yang kita sembah di dalam Yesus Kristus adalah sumber segala pengharapan (Rom. 15:13) dan Yesus Kristus adalah dasar pengharapan kita (1Tim. 1:1). Banyak orang mendasarkan pengharapannya kepada manusia, kekuasaan, maupun kekayaannya.Tetapi semua itu sia-sia. Hanya satu di dunia ini yang bisa kita harapkan yaitu Allah di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Sebab itu jangan berharap kepada yang lain, berharaplah kepada Tuhan Yesus Kristus, Dia yang sudah duduk di sebelah kanan tahta Allah Bapa di Surga. Pengharapan kepada Yesus Kristus adalah seperti sauh yang kuat (Ibr. 6:19), seperti gunung Sion yang tidak goyah, tetap untuk selama-lamanya (Mzm. 125:1).

2. DALAM YESUS “SELALU ADA” PENGHARAPAN
    Di dalam Yesus Kristus selalu ada pengharapan, sebab itu jangan sampai putus asa. Dalam keadaan terjepit, yang paling parah sekali pun masih ada pengharapan di dalam Yesus! Paulus seringkali habis akal menghadapi masalah yang berat, tidak tahu harus berbuat apa, namun ia tidak putus asa (2Kor. 4:8). 1Sam. 3:1-3, merupakan gambaran dari sebuah pengharapan. Di mana keadaan bangsa Israel saat itu di dalam kegelapan, Firman Allah jarang, mereka terpuruk secara rohani dan jasmani. Namun dikatakan: “Lampu rumah Allah masih menyala”, artinya masih ada secercah sinar pengharapan. Percayalah, selama masih ada doa dipanjatkan ke hadirat Tuhan, maka masih ada pengharapan!

3. PENGHARAPAN TIDAK AKAN DIKECEWAKAN
    Saat ini banyak orang menjadi kecewa, karena mereka tidak menaruh pengharapannya kepada Tuhan. Namun bila kita berharap kepada Yesus kita tidak akan dikecewakan. Seperti bapa Abraham, 25 tahun menantikan Ishak, di mana sepertinya sudah tidak ada dasar untuk berharap, tetapi Abraham tetap berharap dan akhirnya Tuhan nyatakan janjiNya. Selama kita masih berdoa, berseru kepada Tuhan, Tuhan akan menjawab tepat pada waktunya. Sebab itu, sabarlah dalam kesesakan, karena kesesakan akan menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji, dan tahan uji menimbulkan pengharapan, dan pengharapan itu tidak akan mengecewakan (Rom. 5:3-5). Jangan pernah hilang pengharapan! Orang yang berharap kepada Tuhan tidak akan pernah dipermalukan (Mzm. 25:3). Sebab itu, nantikan Tuhan (Mzm. 27:13-14), dan biarlah pengharapan kita tidak pernah goyah, meski apa pun yang terjadi di dalam kehidupan kita.

    Kita diselamatkan di dalam pengharapan (Rom. 8:24) sebab itu ibadah kita adalah ibadah yang penuh pengharapan. Perjamuan Suci adalah suatu perjamuan yang penuh pengharapan, karena setiap kali kita diingatkan kepada suatu pengharapan yang mulia dan terbesar, yaitu kedatangan Yesus yang kedua kali (1Kor. 11:26). Sebab itu biarlah lewat Perjamuan Suci ini pengharapan kita dikobarkan kembali! (S) 

 

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com